Tuesday, July 9, 2013

Mengapa harus sahur



Rasulullah  saw.  menganjurkan  kepada kita semua yang sedang puasa ini  untuk  makan sahur.  mengapa sih harus begitu ?

karena  mencontoh Rasulullah  Muhammad saw.   kita  tahu dan yakin bahwa  Nabi Muhammad adalah  contoh  hidup terbaik di dunia ini, utusan Allah untuk memperbaiki budi pekerti manusia, jadi sudah selayaknya kalau apa yang Nabi contohkan adalah baaik untuk kita ikuti.  Quran  sudah mengatakan  bahwa  "sesungguhnya dalam diri Rasulullah terdapat  contoh yang baik bagi mu".

Untuk membedakan dengan puasa agama lain.  didalam agama lain (tidak perlu saya sebut nama agamanya, itu tidak penting), juga ada puasa, tetapi tidak ada sahur.  Apa alasannya jangan tanya saya......aku tak tahu.

Untuk  memberi energi saat puasa.  Selama puasa muslimin harus tetap aktif, tetap dinamis, bekerja mencari rizki Allah swt, bukan tidur.  sehingga  selamaa puasa tidak ada kata males, loyo, mager  dsb. dalam  sejarah kita tahu bahwa Nabi Muhammad dan para sahabat  dibulan puasa berperang melawan angkara murka, melawan kafirin yang ingin memadamkan perjuangan Islam.

Untuk  memakmurkan shalat subuh di Masjid.  Selesai  makan sahur muslimin dan muslimat akan berbondong-bondong ke masjid untuk melaksanakan shalat subuh.  Efek dari makan sahur  tubuh akan lebih bugar, mata tidak ngantuk lagi,  sehingga  bergairah dan bersemangat untuk berangkat ke masjid.

No comments:

Post a Comment